BAHAYA MENGKONSUMSI NARKOBA

BAHAYA MENGKONSUMSI NARKOBA

Narkoba merupakan singkatan dari narkotika, psikotropika, dan bahan berbahaya lainnya. Namun narkoba menjadi zat yang bisa memberikan manfaat dan juga merusak kesehatan. beberapa obat-obatan yang masuk dalam jenis narkoba memang digunakan untuk penanganan medis.  Namun  obat ini digunakan untuk proses penyembuhan karena efeknya yang menenangkan. Bahaya narkoba memang sudah tidak diragukan lagi, namun penyalahgunaan obat-obatan ini semakin marak terjadi. Sudah banyak pengguna narkoba, baik remaja maupun orang yang sudah dewasa. Mereka hanya tergoda merasakan kesenangan sesaat sebagai pelampiasan masalah hidupnya. Padahal efek dari narkoba bukan hanya perasaan menyenangkan yang bikin nagih. Tetapi banyak efek bahaya narkoba yang bisa merusak kesehatan fisik maupun kejiwaan. Adapun beberapa gangguan yang akan terjadi akibat narkoba, sebagai berikut:

  • Menurunkan kesadaran hingga hilang ingatan

Bahaya narkoba yang pertama adalah menurunkan kesadaran penggunanya hingga berujung pada hilangnya ingatan. Pemakaian obat-obatan tersebut dalam dosis yang berlebih, akan membuat tubuh menjadi terlalu rileks.  Hal ini karena narkoba dapat mengakibatkan efek sedatif seperti kebingungan sampai tingkat kesadaran yang menurun. sehingga pecandu narkoba biasanya sulit menangkap topik pembicaraan dengan jelas.  

  • Merubah sel di otak

narkoba yang dikonsumsi dengan jangka yang panjang bisa merusak sel dalam otak. Beberapa jenis narkoba memaksa otak bekerja lebih cepat, namun menekan saraf pusat dan memaksa diri untuk lebih tenang. Perubahan sel otak dapat mengganggu komunikasi antar sel saraf dan kerusakan bisa menjadi permanen. 

  • Dehidrasi

Narkoba juga bisa menyebabkan dehidrasi bagi orang yang mengkonsumsinya. Penyalahgunaan zat tersebut menyebabkan keseimbangan elektrolit berkurang. Akibatnya kondisi badan menjadi kekurangan cairan. Hal inilah yang nantinya akan membuat halusinasi, sakit dada bahkan sampai kejang-kejang. Meskipun termasuk hal yang sepele, efek samping ini jika berlangsung dalam jangka panjang. Akan dapat menyebabkan kerusakan pada otak. 

  • Mengganggu kualitas hidup

Narkoba bukan hanya bisa berdampak pada fisik dan jiwa saja. Namun penyalahgunaan narkoba yang berkepanjangan dapat mengganggu kualitas hidup. seseorang yang kecanduan narkoba akan sulit untuk berhenti mengkonsumsinya. Bahkan mereka akan merasa tidak nyaman, putus asa, dan ingin terus menggunakan kembali. Tentunya hal ini akan memenjarakan jiwa bahkan menyebabkan banyak masalah

  • Halusinasi

Pengguna narkoba jenis ganja dapat menyebabkan efek samping halusinasi, muntah, peningkatan tekanan darah, gangguan kecemasan hingga kebingungan serta paranoia. Efek jangka panjang dari ganja adalah gangguan mental seperti depresi dan gangguan kecemasan.

  • Kematian

Selain berdampak negatif pada fisik, mental dan sosial. Dampak yang paling mengerikan dari narkoba adalah menyebabkan  kematian. Kematian dapat disebabkan karena kejang-kejang dan overdosis. Ataupun frustasi sehingga memutuskan untuk mengakhiri hidupnya dengan bunuh diri. Hal ini jika dibiarkan begitu saja akan mengakibatkan banyak orang kehilangan masa depannya akibat penyalahgunaan narkoba. 

Nah itulah beberapa dampak yang bisa ditimbulkan apabila anda mengkonsumsi narkoba. Bahaya narkoba memang masih bisa untuk disembuhkan. Namun akan lebih baik jika berhenti menggunakannya sesegera mungkin atau tidak memakai sama sekali. hal ini dilakukan supaya anda terhindar dari bahaya yang disebabkan oleh narkoba tersebut. Konsultasikan kepada dokter yang menangani kasus kecanduan narkoba. Untuk memulihkan orang yang sudah terlanjur kecanduan dengan narkoba. Biasanya mereka dapat disembuhkan dengan cara melakukan rehabilitasi. Yang nantinya akan ditangani oleh Badan Narkotika Nasional Republik Indonesia (BNN RI).

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close