MADU MURNI SANGAT BAIK DIKONSUMSI UNTUK KESEHATAN

Madu murni salah satu makanan yang memiliki rasa manis dan banyak disukai orang. Cara penyajiannya cukup sederhana yaitu dengan mencampurkan nya ke dalam makanan atau minuman sehingga madu murni ini dapat meningkatkan cita rasa kuliner. Madu murni ini dijadikan sebagai obat tradisional sejak zaman dahulu karena mengandung khasiat untuk kesehatan dan kecantikan. Madu murni berasal dari nektar yang dihasilkan lebah. Madu murni ini jauh lebih berkhasiat daripada madu yang sudah tercampur dengan bahan-bahan lainnya. Madu murni ini yang bersifat kental dan memiliki rasa manis karena mengandung unsur monosakarida fruktosa dan glukosa yang baik daripada gula. Madu murni mengandung kalori gula yang dapat menyerap lemak dengan baik, terlebih dikonsumsi bersamaan air hangat.

MADU MURNI

6 Manfaat Madu Murni Untuk Kesehatan

Madu murni memilki campuran senyawa fruktosa (38,5%) dan glukosa (31%). Lebah ini memiliki kandungan karbohidrat seperti sukrosa, maltrosa, dan karbohidrat kompleks lainnya. Madu juga mengandung anti-oksidan dari senyawa chrysin, pinobaksin, vitamin C, katalase, dan pinocembrin. Nah, manfaat dari mengonsumsi madu untuk kesehatan tidak cukup sampai disitu saja, untuk lebih detailnya simak manfaat madu asli berikut;

  1. Memperkuat kekebalan tubuh

School of Medicine, Cardiff University, Inggris madu mampu merangsang tubuh untuk memproduksi sel-sel imunitas. Terangsang nya produksi sel imun maka metabolisme tubuh akan menjadi lebih kuat. Madu turut andil dalam melawan bakteri yang dapat membuat tubuh terserang penyakit. Oleh karena itu, madu dapat dijadikan sebagai penangkal dari berbagai penyakit.

  1. Mencegah diabetes

Madu dapat mencegah diabetes, diabetes disebabkan karena gaya hidup yang tidak sehat yaitu sering mengonsumsi makanan atau minuman manis dan mengandung gula yang banyak, sehingga hal tersebut menjadi penyebab utama seseorang terserang penyakit diabetes. Kandungan kombinasi fruktosa dan glukosa pada madu dapat mengontrol kadar gula dalam tubuh. Hal ini dapat membantu pencegahan penyakit diabetes.

  1. Menurunkan berat badan

Manfaat madu jarang diketahui banyak orang salah satu nya mampu menurunkan berat badan dan mengecilkan perut buncit. Anda bisa mencampurkan madu dengan air hangat dan air perasan jeruk nipis atau lemon. Kedua bahan tersebut sangatlah ampuh secara alami mendorong pembakaran lemak dan dapat memperlancar sistem pencernaan.

  1. Menyembuhkan luka

Madu tidak hanya dikonsumsi dari dalam tubuh, madu ini dapat dijadikan sebagai obat luar. Dimana madu sebagai obat untuk menyembuhkan luka atau kulit yang tergores, luka akibat jatuh maupun luka bakar. Cara sangat mudah cukup dioleskan pada bagian yang terluka. Madu juga dapat mencegah terjadinya infeksi pada luka karena mengandung sifat antibakteri dan antibiotik.

  1. Kulit lebih sehat

Madu juga memiliki manfaat selain untuk kesehatan seperti kecantikan. Mulai dari kulit, bibir hingga rambut. Salah satunya membantu kulit menjadi lebih lembap, mencegah penuaan dini, mengangkat sel kulit mati, menghilangkan komedo, menghilangkan flek hitam, menyamarkan garis halus, membuat awet muda, mengecilkan pori-pori, menyamarkan noda bekas jerawat, mengobati jerawat, menghaluskan wajah. Adapun untuk bibir dapat digunakan untuk memerahkan bibir, mengatasi bibir pecah-pecah, dan melembabkan bibir. Sedangkan di bagian rambut madu dapat membuat rambut lebih berkilau, menguatkan rambut, menghitamkan rambut, dan membasmi kutu rambut.

  1. Mencegah penyakit jantung

Madu memiliki kandungan antioksidan yang tinggi dan flavonoid. Di pembuluh darah jika terjadi penggumpalan darah maka dapat dicegah dengan madu. Dengan begitu peredaran darah akan menjadi lancar sehingga mampu mencegah resiko penyakit jantung dan stroke.

Nah, itulah beragam manfaat dari madu yang sangat baik untuk kesehatan, semoga bermanfaat!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close